Taufik Risnendar Sambut Baik Peleburan LPI Dan SLI

Ketua Umum Persibo Bojonegoro, Taufik Risnendar, menyambut baik wacana peleburan klub sepak bola yang berlaga di Liga Primer Indonesia (LPI) dengan di Liga Super Indonesia (LSI).

“Kalau wacana yang berkembang akan ada peleburan bisa direalisasikan, merupakan sesuatu yang positif,” katanya di Bojonegoro, Jumat.

Ia menegaskan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, kalau memang peleburan bisa dilaksanakan. Terutama segi profesionalitas dalam penyelenggaraan kompetisi. “Pada pokoknya harus ditangani secara profesional, seperti kompetisi di LPI,” ujarnya.

Ia menjelaskan, benar-benar merasakan perbedaan antara mengikuti kompetisi di LPI dan LSI. Di LPI, semuanya ditangani secara profesional oleh orang-orang yang profesional.”Kita tidak diatur sedemikian rupa dengan hasil akhir pertandingan yang sudah direkayasa sebelumnya,” jelasnya.

Lainnya, menurut dia, juga harus diperhatikan dari segi pendanaan. Dalam hal ini, pendanaan dalam kompetisi harus benar-benar murni, untuk kepentingan industri sepak bola dan tidak bergantung dengan dana yang tidak sebagaimana mestinya yang secara administrasi menyalahi ketentuan.

Ia mengatakan, tidak ada masalah kalau memang ada peleburan yang berarti tidak ada kompetisi LPI putaran kedua. Hanya saja, dalam peleburan itu, harus tidak memposisikan klub sepak bola yang ada di LPI, berada dibawah klub sepak bola di LSI.

Apalagi, lanjutnya, klub sepak bola yang bernaung di LPI, tidak bergantung dengan pendanaan dari Pemerintah. “Persibo siap meleburkan diri,” katanya.(antarajatim.com)