Topi Sartono Terinspirasi Helmut Schon

SARTONO Anwar punya penampilan unik saat bertugas di pinggir lapangan. Pelatih Persibo Bojonegoro itu selalu mengenakan topi. Bukan topi yang bentuknya umum. Yang dikenakan Sartono adalah topi jenis bareta. ”Saya mengenakan topi seperti ini sejak 1975,” kata Sartono.

Tentu bukan tanpa alasan kalau dia memilih topi jenis itu. Menurut Sartono, pilihannya mengenakan topi tersebut terinspirasi oleh Helmut Schon, pelatih timnas Jerman pada 1970-an. Pelatih yang mengantarkan Jerman (Barat) menjadi juara dunia 1974 tersebut memang memiliki penampilan khas. Yakni, mengenakan topi jenis bareta.

”Saat melihat Helmut Schon mengenakan topi itu, saya kemudian ingin mencobanya dan ternyata cocok sampai sekarang,” ungkap Sartono.

Nah, sejak saat itu, Sartono setia dengan topi baretanya. Nyaris di semua kesempatan, ayah pemain nasional Nova Arianto tersebut memakai topi. Apalagi ketika mendampingi tim asuhannya bertanding. Topi adalah aksesori wajib bagi Sartono.

Mantan pelatih PSIS Semarang itu menyatakan tidak bisa lepas dari topi. Bahkan, banyak orang yang tidak mengenalnya jika tidak mengenakan topi. ”Jadi, sudah menjadi identitas. Kalau saya nggak pakai, pada nggak tahu kalau saya ini Sartono Anwar,” katanya lantas tertawa.

Karena itu, Sartono tak hanya memiliki satu topi. Dia memiliki koleksi dengan berbagai warna. Dia tak ingat lagi berapa topi yang dibelinya. Tak jarang, karena topi miliknya sudah rusak, Sartono pun membuangnya.

Meski cinta topi, ternyata Sartono tak melulu memakai penutup kepala itu. Ada satu tempat yang dia tidak pernah memakai topi. ”Kalau pas di rumah, saya tidak pakai topi. Sebab, kalau dipakai terus seperti Tino Sidin,” kelakarnya.

Sartono tidak sembarangan dalam memakai topi. Dia menyesuaikan warna. Saat latihan, dia lebih sering memakai topi putih. Tapi, lain lagi saat pertandingan. Dia juga menyesuaikan warna klub yang dilatihnya. Karena warna kebesaran Persibo adalah oranye, Sartono pun memakai topi oranye

27 Responses to “Topi Sartono Terinspirasi Helmut Schon”

  1. dilla
    January 11, 2010 at 11:40 am #

    iyo je….opo maneh bengi2 nek mbah sar ga nganggo topi mesti pangling

    [Reply]

  2. sweedia
    January 11, 2010 at 11:53 am #

    piye lek bomber gawe topi ngunu pisan 😛

    [Reply]

    dilla Reply:

    wah plagiat kiy 😛

    [Reply]

    sweedia Reply:

    lha mbah sar yo nyonto pisan kok

    [Reply]

    tono Reply:

    Hayuk, apik wi. Cm gawene sopo sing iso?

    rejz Reply:

    ojo leh, sing pesen ngko cuma athur tok 😛

    [Reply]

  3. telon13+
    January 11, 2010 at 12:32 pm #

    Gawe tas ae,tekan paralon.mantap iku

    [Reply]

  4. Abdilda plesungan
    January 11, 2010 at 12:47 pm #

    Setuju aq nek gawe
    topi koyo mbah sar,
    muuuuuaaatttoohhh…..

    [Reply]

  5. telon13+
    January 11, 2010 at 3:29 pm #

    Pye iki karepe BONEK,lempar2 batu nak umah warga sekitar rel kereta.akeh korbane.

    [Reply]

    tam2 Reply:

    lha yo ngunu kok wong2 akeh seng bangga konconan karo bonek!!!!!
    sampek ga gelem ngango klambi orange nek delok persibo!!!
    BOROMANIA YES!!!!
    BORO-BONEK matio ae ga duwe prinsip!!!!!

    [Reply]

  6. tono
    January 11, 2010 at 3:44 pm #

    Jare satu hati?
    Hahahaha

    [Reply]

    telon13+ Reply:

    Wes ura satu hati,umahe wong kne ajor kabeh.stasiun kapas kocone pecah.

    [Reply]

  7. tono
    January 11, 2010 at 4:55 pm #

    La iyo makane gak usah bolo nemen2, nek loro ati mundak-an
    Hehehehe. We due fotoe? tak konfirmasi ne ngko

    [Reply]

    telon13+ Reply:

    Waduh,ura tak poto e lek.

    [Reply]

    bob+bomberhood Reply:

    aku yo gak mbolo kwe nemen nemen kok nang

    [Reply]

  8. tono
    January 11, 2010 at 5:25 pm #

    poto nuh saiki. Karo jangan menyerah bereng upload
    hehehe

    [Reply]

  9. GoNDRoNG__E&
    January 11, 2010 at 5:36 pm #

    Wah..! bonek malah gladrah ki.! Soyo sw soyo ndodro….!

    [Reply]

  10. topex bvj
    January 11, 2010 at 6:26 pm #

    Dulor opo ngunuwi….?

    [Reply]

  11. bob+bomberhood
    January 11, 2010 at 6:48 pm #

    lha aris telon nggawe tas paralon ter inspirasi pengamen malahan

    [Reply]

  12. bob+bomberhood
    January 11, 2010 at 6:55 pm #

    Derby papua barat berakhir dengan kemenangan tuan rumah persiram 2-1
    gol persiram dicetak oleh ENGEL BERTH SANI (10″) , TITUS JHON LONDOUW BONAI (72″)
    sementara gol perseman dicetak oleh YOHANES F. MANUKAY (27″)

    [Reply]

  13. gimin
    January 11, 2010 at 9:12 pm #

    BORO BONEK tidak sama….

    [Reply]

    telon13+ Reply:

    Ya tidak sama.

    [Reply]

  14. boromania jkt
    January 11, 2010 at 10:29 pm #

    tu ya yg slama ni d bangga2in sbagian boromania???
    dah terbuka mata kan skrng???
    napa sie bangga ats BONEK??apa lbhnya bonek sie???
    knapa ga bangga ma jati diri qt sendiri BOROMANIA pendukung PERSIBO yg dah d akui nasional sbagai pembunuh raksasa???
    mari jadi diri qt sendiri,qt mampu tanpa mreka…….
    ga perlu bela yg 1 musuhin yg laen…….qt komit aj ma diri sendiri bs yg terbaik

    [Reply]

  15. tam2
    January 12, 2010 at 3:27 am #

    ayo rame2 kita swiping boromania yang masih menggunakan kaos bonek saat putaran kedua berlangsung setuju gak dulur2????nyepetnyepeti moto….

    [Reply]

  16. Abdilda plesungan
    January 12, 2010 at 6:41 am #

    Semangat
    pagi…

    [Reply]

  17. Abdilda plesungan
    January 12, 2010 at 7:06 am #

    Kaosku Boro bonex
    wes tak obong dek
    isuk, bonex perusuh
    sepak bola..
    Boro tidak sama dngan
    Bonex…

    [Reply]

  18. telon13+
    January 12, 2010 at 9:45 am #

    Semangat pagi

    [Reply]

Leave a Reply