Tunggu Keputusan Pelatih

Manajemen Persibo Bojonegoro masih menunggu keputusan pelatih kepala Sartono Anwar terkait pemain yang akan direkrut untuk menghadapi Indonesia Super League (ISL) musim depan.

“Kami masih tunggu Pak Sartono menyusun programnya,” kata manajer Persibo, Letkol (Inf) Taufik Risnendar.

Dia menjelaskan, sampai saat ini pelatih belum menyodorkan nama-nama pemain yang akan direkrut.Namun, menurut dia, untuk awal ini adalah pemain Persibo di Divisi Utama yang dipertahankan. Menurut dia, dari laporan pelatih sendiri pihaknya sudah menerima nama-namanya. “Kan saat evaluasi dulu ada rekomendasi pelatih soal pemain mana yang akan dipertahankan,” tuturnya.

Nah, pemain-pemain lama itu nantinya akan digabung dengan pemain-pemain hasil rekrutan anyar. Hal ini sebagai langkah antisipasi karena level kompetisi berbeda. “Tentu kualitas pemain kan harus berbeda dan menyesuaikan dengan levelnya,” kata Dandim 0813 Bojonegoro itu.

Mantan striker tim PSAD itu menyatakan masih menunggu pelatih Sartono Anwar yang kini masih pulang ke Semarang. Dia menuturkan, setelah dari Semarang itulah Sartono akan menyerahkan sejumlah daftar pemain yang direkomendasikan untuk direkrut. “Kita tunggu sajalah nanti,” tandasnya.

Yang jelas, lanjutnya, untuk latihan perdana 5 Juli nanti kemungkinan masih akan berkonsentrasi untuk pemain lokal. Ditambah pemain yang tahun lalu memperkuat Persibo. “Karena mereka juga masih terikat kontrak dengan Persibo sampai Agustus,” ungkapnya.

Mengenai pembentukan tim, Taufik mengatakan akan menyesuaikan dengan kondisi keuangan Persibo. Menurut dia, tahun ini Persibo hanya dapat jatah Rp 4 miliar. “Dan dana itu belum dikurangi untuk biaya divisi utama lalu,” tuturnya.

Dia belum tahu berapa nantinya dana tambahan yang dianggarkan dalam PAK APBD tahun ini. Menurut dia, dengan dana tersisa sekitar Rp 2,5 miliar hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan Persibo di awal pembentukan saja. “Kalau kami berharap dapat tambahan,” imbuhnya. (ade/wid/jpnn)