Tunggu Regulasi Pemain Asing

Manajemen Persibo Bojonegoro menunggu surat dari PSSI dan Badan Liga Indonesia (BLI) terkait regulasi pemain asing yang akan diterapkan dalam kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia. “Janjinya PSSI dan BLI minggu ini sudah ada keputusan mengenai hal itu,” kata Manajer Persibo Letkol Inf Taufik Risnendar, kemarin (16/11).

Dalam manual Liga Indonesia Divisi Utama, lanjut dia, dijelaskan setiap klub boleh merekrut tiga pemain asing. Itupun tanpa ada aturan apakah pemain Asia ataupun non Asia. Hanya, yang menjadi pertanyaan adalah sejauh ini belum jelas berapa pemain asing yang boleh diturunkan dalam setiap pertandingan. “Ini belum ada keputusan dari BLI dan masih menjadi perdebatan. Sementara BLI sendiri mengaku tak berhak memutuskan, karena itu wewenang PSSI. Dan BLI janji minggu ini akan ada keputusan,” ujarnya.

Hanya, pria yang juga Komandan Kodim 0813 itu berharap, klub diperbolehkan merekrut tiga pemain asing dan diturunkan semua dalam setiap pertandingan. Apalagi, anggaran kontrak mereka cukup mahal. “Dan eman jika hanya dibangkucadangkan,” tegasnya.

Saat ini, Persibo mempunyai tiga pemain asing, yakni stoper Victor da Silva, striker Perry S. Kolee, dan gelandang Abel Cielo Quioh. “Kalau semua bisa turun, maka ini akan dapat mempertajam lini depan kita,” imbuhnya. Karena itu, dia berharap minggu ini keputusan dari BLI sudah turun, sehingga Persibo bisa segera menyiapkan antisipasinya.

Pada bagian lain, Pelatih Persibo Sartono Anwar menyatakan, minimnya stok striker saat uji coba melawan Gresik United (GU) menjadi kendala anak asuhnya dalam mencetak gol. Dia mengakui, di lini depan Persibo sudah mempunyai dua striker, yakni Busari dan Khoirul Asnan. Namun, belum hadirnya Perry S. Kolee membuat Sartono tak punya banyak pilihan. Apalagi, tambah Sartono, mantan striker Persija Jakarta yang direkrut Persibo paling belakang, dalam kondisi sakit. Karena itu, dia berharap Perry S. Kolee cepat datang. “Yang jelas dua minggu sebelum kompetisi dimulai, kami akan benahi. Terutama lini depan dan kekurang disiplinan pemain,” tandasnya.

Sementara itu, nanti sore tim Persibo akan kembali menggelar latihan rutin di Stadion Letjen H. Soedirman setelah kemarin libur usai uji coba. Dia berharap semua pemain tidak ada yang berhalangan hadir. Sebab, latihan kali ini akan memfokuskan kerja sama dalam sebuah serangan, termasuk penyelesaiannya. (ade/jpnn)