Ubah Formasi Lini Belakang

Liga Indonesia Divisi utama 2008/2009Persibo Bojonegoro bakal tampil dengan formasi berbeda saat dijamu PSIM Jogjakarta Sabtu (2/5) Mei lusa. Sebab, stopper A Gani Pulhele yang selama ini berpasangan dengan Aris Tuansyah tak bisa dimainkan pelatih Sartono Anwar.

Gani diharamkan tampil di Stadion Mandala Krida Jogjakarta karena telah mengantongi dua kartu kuning. “Saya masih belum menentukan (komposisu lini belakang) karena masih melihat kondisi pemain,” kata Sartono Anwar.

Menurut dia, stok pengganti Gani cukup banyak. Di antaranya Agusmanto dan pemain asing Joseph Amoah yang baru sekali diturunakan saat melawan Persigo Gorontalo. Jika terpaksa, maka Sartono juga bisa menggeser posisi Sumardi.

Sartono menjelaskan, saat ini semua pemain dalam keadaan fit. Pemain yang unggul dalam beberapa aspek bakal diturunkan untuk mengawal pertahanan Persibo. “Termasuk mental serta kesiapan pemain sendiri,” imbuhnya.

Sementara itu, asisten pelatih Persibo Bambang Pramuji menuturkan, tak ada staupun pemainnya yang mengalami cedera. “Termasuk Sumardi yang sempat cedera dan digantikan Novan. Dia sudah pulih,” kata Bambang.

Dia menjelaskan, untuk menjaga fisik para pemain, setiap pagi dan sore Iswandi Da’i dkk menjalani latihan rutin di lapangan Angkasa milik TNI Angkatan Udara. “Jaraknya dekat, cuma 15 menit dari Hotel Sriwedari Solo, tempat menginap pemain,” imbuhnya.

Mantan pemain Persibo di era divisi II itu menambahkan, besok pagi anak asuhnya baru menjajal lapangan Stadion Mandala Krida. Laga melawan PSIM bagi Persibo merupakan laga tandang terakhir dalam kompetisi divisi utama tahun ini.

Setelah pertandingan tersebut, Persibo akan menjalani dua laga kandang terakhir. Yakni, menjamu Perseman Manokwari pada 6 Mei nanti dan Persebaya Surabaya, 10 Mei mendatang. (ade/rb)