Uci Aman, Pemain Terancam

Kekalahan Persibo Bojonegoro dari Persema Malang Selasa (28/10) lalu tak mempengaruhi posisi pelatih Sanusi Rahman. Pelatih yang akrab disapa Uci ini dipastikan tetap mengarsiteki tim berjuluk Laskar Angling Dharma tersebut.

Sebab, manajemen tim Persibo lebih memilih mengevaluasi pemain daripada pelatih. “Kita tunggu saja nanti (evaluasi pemain) bagaimana,” kata Manajer Persibo Letkol Inf Dadang Hendrayudha kepada Radar Bojonegoro kemarin (29/10).

Dia menjelaskan, evaluasi tersebut merupakan kebutuhan tim. Menurut Dadang, evaluasi pemain adalah salah satu upaya yang dilakukan manajemen untuk memperbaiki kondisi tim saat ini. Pemain yang kontribusi kecil dan kemampuannya tak bisa berkembang, akan dievaluasi. “Namun bukan berarti akan diganti, meski itu sangat mungkin dilakukan,” imbuhnya tanpa mau menyebutkan siapa saja pemain yang bakal dievaluasi.

Namun, informasi yang diperoleh Radar Bojonegoro menyebutkan, ada lima pemain lokal dan satu pemain asing yang bakal dievaluasi. Pemain asing yang dievaluasi adalah Antonio Besalla. Dalam beberapa laga terakhir, nama pemain tersebut tidak tercantum dalam line up maupun cadangan.

Sementara itu, Yayak, salah satu koordinator Boromania, menjelaskan, jika evaluasi merupakan cara membuat tim lebih baik, pihaknya mendukung upaya tersebut. “Kami siap mendukung agar pemain lebih profesional dan jika memang itu kebutuhan tim,” katanya.

Meski demikian, lanjut dia, Boromania tetap menuntut pergantian pelatih Persibo. Apapun alasannya, Yayak menilai faktor pelatih cukup dominan dalam tim. “Kami tetap minta ganti pelatih,” ujarnya.

Menurut dia, pergantian pelatih itu harus tetap dilakukan meski nantinya Persibo menang lawan Persekabpas Pasuruan. “Menang kalah lawan Persekabpas, tetap pelatih harus diganti,” tegasnya.

Tuntutan Uci agar mundur itu juga pernah dilontarkan beberapa waktu lalu. Bahkan, saat itu Boromania mengancam menggelar demo. Namun, ancaman itu hanya gertakan. (ade)
(Sumber : Radar Bojonegoro)