Ujicoba Persijap vs Persibo

Persijap kembali mengglar uji coba. Kali ini, lawan yang akan dijadikan sparing partner adalah Laskar Angling Darmo Persibo. Melawan tim Divisi Utama dari Bojonegoro tersebut, pelatih Persijap Junaedi akan memberikan kesempatan kepada para pemain pelapis untuk menunjukkan kemampuannya.

Danan Puspito, M Taufiq, dan Eki Nurhakim yang selama ini lebih sering menghuni bangku cadangan akan kembali diturunkan. Meski demikian, Persijap tidak ingin kehilangan muka di depan pendukungnya sendiri. Pemain-pemain ini akan tetap ditopang deretan pilar utama untuk menjaga kualitas permainan Persijap. Sehingga, komposisi saat melawan PSIS beberapa waktu lalu akan ditampilkan kembali.

“Sekali lagi, ini adalah pertandingan uji coba. Kami tidak akan memforsir kemenangan yang malah akan menjadi bumerang bagi tim. Laga ini menjadi kesempatan bagi para pemain-pemain pelapis untuk tampil. Dengan demikian, kami akan mendapat gambaran siapa yang akan mengisi line up jika ada pemain utama tidak dapat bermain dalam sebuah pertandingan,” kata Junaedi di Jepara, Jumat (20/11/2009).

Jika melihat permainan Persijap saat melawan PSIS kemarin, kemungkinan Junaedi akan kembali menerapkan pola 3-5-2 yang lebih familiar bagi pasukannya. Sebab, saat bermain dengan formasi 4-4-2, organisasi pertahanan yang diterapkan empat pemain belakang kurang maksimal. Phaitoon Thiabma yang saat itu diplot sejajar dengan Evaldo Silva, Ahmad Makhrus Bahtiar, dan Ferly La’ala di barisan pertahanan kurang berperan.

Dengan pola 3-5-2, maka legiun asal Thailand tersebut akan dikembalikan ke habitatnya di lapangan tengah.

“Sejauh ini, peran Phaitoon lebih maksimal jika dia berada di tengah. Selain itu, para pemain akan lebih hidup dengan 3-5-2,” timpal asisten pelatih Persijap Anjar Jambore Widodo.

Kemungkinan lain yang akan dilakukan Junaedi adalah memasang Phaitoon di sektor sayap. Bagi Phaitoon, sektor sayap bukan posisi yang asing. Sebab, musim lalu dia juga sering di plot untuk beroperasi di pos tersebut.

Ini bisa dilakukan mengingat Yogi Alfian yang menjadi pelapis Nurul Huda di sayap kanan mengalami cedera saat laga versus PSIS. Apalagi, stok untuk pos gelandang cukup berlimpah. Persijap masih memiliki Bona Simanjuntak dan M Taufiq. Sedangkan, pelapis pemain sayap di tim Laskar Kalinyamat sangat terbatas. Yogi Alfian menjadi alternatif jika Nurul Huda absen. Sementara, di sektor sayap kanan, Junaedi hanya memiliki dua pilihan antara Isdianto atau Danan Puspito.

“Kami masih terus menggodok pemain agar kualitas pelapis tidak terlalu njomplang dengan starter. Jadi, uji coba ini adalah ajang yang tepat untuk mencoba komposisi alternatif,” tambahnya.

Disinggung mengenai permainan Persijap secara keseluruhan, Anjar menyatakan bangga dengan penampilan Evaldo Silva de Assis dkk. Sebab, meskipun menjalani libur panjang, namun kualitas tim tidak berubah.

“Naluri bertanding dan ball feeling masih terjaga. Kami akan mengoptimalkan lagi saat melawan Persibo besok (hari ini),” ungkap Anjar. (fmh-okezone)