Undian Babak 16 Besar Copa Indonesia

Copa IndonesiaBadan Liga Indonesia (BLI) akan menggelar drawing babak 16 besar Piala Indonesia, besok Selasa 10 Februari 2009 di Jakarta. Sistem unggulan masih diterapkan pada babak 16 besar Copa Indonesia IV. Dimana empat tim semifinalis musim lalu yang mengisi posisi unggulan. Empat tim tersebut adalah Sriwijaya FC Palembang, Persipura Jayapura, Pelita Jaya dan Persija Jakarta. Keempat tim itu dipastikan tidak akan saling bertemu.

“Jadi, mereka tidak akan bertemu. Untuk menyeimbangkan sistem unggulan itu, tidak ada lagi pembatasan zona di babak 16 besar,” kata Joko Driyono, direktur kompetisi Badan Liga Sepak Bola Indonesia (BLI).

Keempat tim unggulan tersebut akan berhadapan dengan tim-tim superliga lain yang sudah berhasil megkandaskan lawan-lawannya dibabak sebelumnya. Selain itu mereka juga harus bersiap berhadapan dengan klub Divisi Utama yang juga tidak kalah kualitasnya, karena pada babak sebelumnya berhasil mengubur tim-tim Superliga.


“Piala Indonesia mempertaruhkan gengsi tim dan level kompetisi. Di sinilah kelebihan Piala Indonesia dibanding kompetisi reguler,” ujar Direktur Kompetisi Badan Liga Indonesia Joko Driyono.

Babak 16 besar akan diikuti lima tim divisi utama dan sepuluh tim Liga Super Indonesia. Ke 16 tim tersebut adalah Sriwijaya FC, Persipura Jayapura, Persija Jakarta, Pelita Jaya, PSMS Medan, Persib Bandung, Persijap Jepara, Deltras Sidoarjo, Persiba Balikpapan dan Persitara. Klub-klub tersebut berasal dari kompetisi Djarum ISL, sementara dari Divisi Utama yang akan bersaing memperebutkan mahkota juara adalah Persibo Bojonegoro, Persih Tembilahan, Persikabo Kabupaten Bogor, Persiba Bantul, Persebaya Surabaya, Persema Malang.

Jadwal pertandingan babak 16 besar baru bisa disusun setelah drawing selesai. Pasalnya, BLI harus menyesuaikan dengan jadwal kompetisi reguler yang dimainkan peserta babak 16 besar. Namun, BLI memastikan bahwa lag pertama 16 besar tidak mungkin digelar secara berbarengan.

“Kami harus mencari jeda pertandingan kosong minimal satu minggu di kompetisi regulir, lalu dimasukkan satu pertandingan babak 16 besar. Waktu ini pun harus singkron antar tim yang akan bertanding. Dengan demikian tidak ada alasan kelelahan fisik,” kata Ketua Bidang Jadwal Pertandingan BLI Darwis Satmoko.

Aturan Pemain Asing
Aturan tentang pemain asing pada babak 16 besar ini masih sama dengan dua babak awal sebelumnya. Setiap tim tetap hanya diberi kuota tiga pemain asing.

BLI baru membebaskan setiap tim yang menggunakan pemain asing sesuai dengan kuota di liga tersebut ketika babak delapan besar.

“Aturan itu sudah kami bakukan sebelumnya. Spirit kami, peluang tim dari ISL dan Divisi Utama untuk melaju ke delapan besar bakal sama,” tambah Joko.

Jadi klub mana yang bakal menjadi korban Persibo “Sang Pembunuh Raksasa” Bojonegoro selanjutnya?
(bbs)