Wajib Tiga Poin

Sadar bahwa peluang meraih poin hanya di pertandingan kandang,Persibo bakal mati-matian memanfaatkan laga kalawan yang bakal dijamu tergolong empuk, yakni PSMS Medan yang masih kerasan di papan bawah.

Persibo belum pantas disebut tim superior karena nyatanya kurang cemerlang di pertandingan luar kota. Pekan lalu, saat menghadapi tim papan bawah Bontang FC, secara mengejutkan tim asuhan Paulo Camargo dihajar 2-0. Padahal sebelumnya tim ini terlihat impresif.

Belum mapannya mental tim saat bertanding di markas lawan, membuat Laskar Angling Dharma terpaksa memaksimalkan pertandingan kandang. Itu merupakan jalan satu-satunya bagi Samsul Arif dkk jika ingin tetap stabil di Indonesian Premier League (IPL) musim ini.

“Kami menyadari pertandingan di luar kandang masih sulit dimenangkan. Jadi pilihan terbaik adalah menyapu bersih angka di kandang. Kami berharap pemain tidak drop setelah kalah di Bontang dan bisa kembali ke permainan terbaiknya saat menjamu PSMS Medan,” ucap Asisten Pelatih persibo Wanderley Junior kepada wartawan, Kamis (26/1/2012).

Ia memastikan pemainnya tidak mempunyai masalah mental walau kalah di Kalimantan. Wanderley menunjukkan bagaimana tim bisa bangkit setelah kalah di kandang Arema FC pada akhir 2011 silam. Nyatanya tim tetap tampil trengginas di dua laga kandang berikutnya kontra Persijap Jepara dan Persiba Bantul.

Ia ingin momen seperti itu menjadi inspirasi bagi pemain agar tidak kendor kala bertanding Minggu. Apalagi komposisi tim bakal kembali komplit dengan kembalinya Muhammad Nur Iskandar dan Mekan Nashirov yang sempat absen satu pertandingan karena akumulasi kartu kuning.

Kehadiran Iskandar dan Mekan dianggap sebagai faktor penting karena kedua sedang berada di puncak penampilan. Iskandar bahkan kini menempati daftar pencetak gol terbanyak di IPL dengan lima gol, torehan yang selevel dengan striker Semen Padang Junior Wilson.

Hebatnya, iskandar mencetak golnya hanya di dua pertandingan saja. Tak diragukan lagi jika ia bakal menempati starting line up menjamu PSMS Medan nanti. “Tim akan turun dengan pemain lengkap. Kondisi Iskandar dan Mekan juga bagus karena sempat istirahat di pertandingan sebelumnya,” tandas Wanderley Junior.

Tim oranye juga memanfaatkan kondisi tak stabil PSMS yang baru menderita kekalahan berat 4-1 saat melawat ke kandang Persema Malang. Kondisi mental yang drop diperkirakan bakal memberi kemudahan tersendiri tersendiri bagi Persibo yang akan melakoni pertandingan ketujuhnya di IPL.

PSMS Medan sejauh ini masih mendekam di papan bawah dengan hanya mengoleksi tiga angka. Tim yang baru terbentuk jelang gelaran IPL tersebut selalu kalah di tiga pertandingan terakhirnya. Sedangkan persibo masih awet di posisi runner up dengan 10 poin. (okezone.com)